Monday, September 1, 2014

Golongan Yang Tak Tergoda Iblis


Suatu saat Iblis berkata kepada Allah Ta'ala, bahwa dirinya tidak dapat menyesatkan orang-orang yang dimukhlaskan. Penggalan kalimat itu diabadikan dalam Al Qur'an.
"Berkata iblis: Ya Tuhanku, oleh karena Engkau telah menetapkanku sesat, sungguh akan aku usahakan agar anak manusia memandang indah segala yang ada di bumi dan aku akan sesatkan mereka semua....Kecuali hamba-hambaMu dari antara mereka yang ikhlas.........(Al-Hijr: 39-40).
Mukhlas adalah sebuah status yang bersih dari hawa nafsu sedemikian rupa sehingga setan tidak bisa menggelincirkan. Kadang orang yang mukhlas juga disebut orang yang Ikhlas. Ingat juga surat Al Ikhlas atau disebut juga Surat Qulhu, ini bicara tentang diin kita, hidup kita, yang mestinya dipersembahkan hanya untuk Allah Ta'ala. Jadi ini adalah sebuah status muwahid, orang yang bisa bertauhid dengan murni.
Hanya orang yang bertauhid murnilah yang tidak bisa digelincirkan dan digoda oleh Iblis, karena murni dan jelas tujuannya untuk Allah Ta'ala tanpa ada embel-embel lain yang menyertai.
(Disajikan ulang dari Pengajian Hikmah Al QurĂ¡n yang disampaikan oleh Zamzam AJT)
Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah kamu ke dalam Diin Islam (dengan mematuhi) segala hukum-hukumnya dan janganlah kamu menurut jejak langkah Syaitan sesungguhnya Syaitan itu musuh bagi kamu yang terang nyata.
(QS Al Baqarah [2]: 208)
Makna' udkhulu fisilmi kaffah dalam ayat di atas adalah perintah untuk memukhlaskan diin

No comments:

Post a Comment