Tuesday, September 10, 2024

Ujian Hidup Membawa Berkah

 Seorang ibu berkisah tentang pengalamannya ditempa ujian baru-baru ini dalam hidupnya. Sebuah ujian hidup yang awalnya dirasa berat, akan tetapi lama kelamaan terasa manisnya dan teraup keberkahan atas kondisi yang tengah Allah Ta'ala tetapkan dalam episode hidupnya itu. 

Apa rasa manis yang dirasakan ketika beliau dirundung oleh masalah tersebut? Yaitu kelezatan berdzikir dan bermunajat kepada-Nya. Ada sebuah kebiasaan berdzikir baru yang Allah Ta'ala tumbuhkan melalui hadirnya kesulitan hidup, yaitu sang ibu terbiasa berdzikir "bismillahirrahmaaniraahiim" saat memulai melakukan sesuatu, apapun itu. Dan mengakhirinya dengan mengucapkan "alhamdulillahirabbil'alamiin"

Mau mandi, basmallah dulu. Selesai mandi baca hamdalah. 

Mau naik kendaraan umum, basmallah dulu sebelum melangkahkan kaki. Keluar dari kendaraan mengucap hamdalah. Saking sudah biasanya, pernah sekali lupa sekian detik tidak mengucap basmallah sambil melangkahkan kaki memasuki kendaraan, karena merasa tidak afdhol sampai keluar lagi dan diulang masuk kendaraan, kali ini dengan membaca basmallah :)

Apa yang beliau rasakan? Ujian hidup yang di awal terasa berat dan membebani itu mulai dirasakan ringan. Seperti Allah Ta'ala mengangkat beban itu dari hatinya. Dan yang ajaib, kehidupan di sekelilingnya terasa 'tersenyum' kepadanya. Ada hal-hal yang dimudahkan. 

Benar, kiranya firman Allah Ta'ala yang disampaikan oleh Rasulullah SAW, 

"...Jika ia mendekat kepada-Ku sejengkal, Aku mendekat kepadanya sehasta. 

Jika ia mendekat kepada-Ku sehasta, Aku mendekat kepadanya sedepa. 

Jika ia datang kepada-Ku dengan berjalan, maka Aku mendatanginya dengan berjalan cepat." 

(HR Bukhari no.6970)


No comments:

Post a Comment