Wednesday, August 29, 2012

Pembahasan Hadis Tiga Pilar Ad Diin

Dari hadis tentang 3 pilar ad diin diterangkan bahwa ketiga pilar agama itu adalah Al Islam, Al Iman dan Al Ihsan.

Kalau kita baca secara teliti, bukanlah Jibril yang bertanya kepada Rasulullah, karena sudah tentu Jibril sudah sangat tahu apa itu ad diin - sebagaimana Rasulullah mengetahui itu. Akan tetapi peristiwa ini adalah untuk mengajari para sahabat tentang apa yang dimaksud dengan ad diin.

Oleh karena itu kita harus betul-betul mempelajari ketiga pilar ini. Kadang dalam ber-ad diin kita baru berkutat dalam aspek Al Islam, dalam pengertian kalau sudah shalat, zakat, shaum dan naik haji seolah-olah sudah menegakkan ad diin. Padahal aspek syariat sendiri ada syariat lahir dan syariat batin, belum lagi pilar iman dan ihsan yang halus, aspek iman dan ihsan sulit mengukurnya dibanding dengan aspek syariat.

Seseorang bisa jadi zakat dalam jumlah banyak dan naik haji berkali-kali tapi korupsi jalan terus, maka berarti belum menegakkan ad diin. Sama halnya seperti seorang wanita ahli ibadah yang dalam satu riwayat diadukan seorang sahabat kepada Rasulullah, karena wanita itu kerap menyakiti tetangganya dengan kata-katanya, maka Rasulullah langsung tegas mengatakan bahwa wanita itu ahli neraka.

Demikianlah Allah mengajarkan kepada kita melalui hadis tersebut betapa penting kita memperhatikan ketiga pilar untuk membangun ad diin dalam diri kita masing-masing. Wallahua'lam

(Diramu dari materi kajian Serambi Suluk yang disampaikan oleh Zamzam AJT)

No comments:

Post a Comment