Wednesday, June 12, 2013

Nilai Manusia Dihitung Dari Shalatnya

"Sebaik-baik amal manusia adalah shalat"
- Imam Ali k.w.

Rasulullah saw bersabda, "Segala hal memiliki wajah, dan wajah Islam adalah shalat"
Wajah adalah karakter dan kepribadian seseorang, maka seorang yang mengaku muslim tetapi tidak shalat maka sebenarnya ia bukan seorang muslim, sebagaimana sabda Rasulullah saw,

"Telah kafirlah seorang muslim yang tidak mengerjakan shalat"


Jadi sebenarnya harga setiap manusia itu dihitung dari shalatnya, karena sebaik-baik amal adalah shalat. 
Shalat juga merupakan pilar dari semua amal shaleh, dengen demikian walaupun seseorang berhaji, berinfak banyak, jihad fi sabilillah dan belajar ilmu yang banyak jika tidak shalat itu tidak ada artinya, karena amal-amal yang berikutnya itu akan mengikuti cahaya shalat. 

Demikian juga apabila shalat seseorang benar, maka akan benar yang lainnya, karena shalat yang dikerjakan dengan benar akan mencegah seseorang dari perbuatan fahsya dan munkar. Dalam hadits Rasulullah saw bersabda , 

"Barangsiapa orang bersholat kemudian dalam sholatnya tidak menambah dekat kepada Allah. Barangsiapa sholat yg sholatnya tidak mencegah dari fahsya dan munkar maka tidak menambah kecuali jauhnya dengan Allah ta’ala."

Begitu pentingnya shalat dalam kehidupan sehingga Umar bin Khaththab berwasiat kepada menteri dan gubernurnya ihwal menegakkan shalat agar menjadi hal yang diperhatikan. Umar berkata "Barangsiapa yang menyia-nyiakan shalat pasti lebih menyia-nyiakan yang lainnya"

Semoga Allah Ta'ala membantu kita menjadi hamba-Nya yang menegakkan shalat. Aamiin.

(Disajikan ulang dari Pengajian Hikmah Al Quran yang disampaikan oleh Zamzam AJT, 26 November 2013)

No comments:

Post a Comment