Wednesday, April 13, 2016

Bangunlah Wahai Jiwa Yang Tertidur!

Setiap kita akan mengalami kehidupan yang panjang. Sungguh rentang waktu kehidupan seseorang di dunia ini tidak ada apa-apanya dibandingkan alam-alam berikutnya yang akan kita hadapi. Penantian seseorang di alam barzakh (alam kubur) bisa menjadi waktu yang membawa siksa jika kita tidak serius mempersiapkan perbekalan untuk perjalanan berikutnya sejak sekarang.

Nabi Isa a.s. berpesan tentang menyikapi kehidupan di dunia adalah seperti orang yang melewati sebuah jembatan, sebuah tempat penyeberangan yang tidak ada seorang pun bahkan membangun rumah tinggal di atasnya. Karena hidup di dunia hanya sebentar maka harus banyak bersabar dengan ujian apapun yang menimpa kita, bersabar dalam melaksanakan segenap ibadah yang terasa berat dilakukan, juga bersabar dalam menjalani fase kehidupan yang tidak sesuai dengan hawa nafsu dan syahwat. Sungguh berapa puluh tahun kita diuji dalam kesabaran pun tidak seberapa dibanding harus bersabar hanya satu jam di alam barzakh.

Maka bangunkanlah wahai jiwa-jiwa yang tertidur dalam kemalasan, yang terbuai oleh angan-angan panjang dan jiwa yang lumpuh karena dominasi hawa nafsu dan syahwatnya. Bangunlah dengan memohon pertolongan kepada Allah Ta'ala.[]


No comments:

Post a Comment