Friday, December 8, 2017

Jangan Curang

Curang bukan ciri seorang muslim.
Kejujuran adalah salah satu ciri tandanya. Jika ia pedagang maka ia tidak akan mengurangi kualitas barang atau jumlah timbangannya demi meraup keuntungan berlipat. Jika ia menawarkan sesuatu maka ia tidak akan mengucapkan sesuatu yang tidak sesuai dengan manfaat barang yang dijualnya. Jika ia naik kendaraan umum jangan senang dengan membayar di bawah harga sepatutnya. Jika kasir supermarket lupa menghitung suatu barang sekecil apapun, kembalikan ia karena bukan haknya jika belum dibeli dengan cara yang halal.

Begitupun jika ia pekerja maka kualitas pekerjaannya akan disesuaikan seminimalnya dengan jumlah gaji yang diterimanya. Misalnya seseorang digaji 5 juta rupiah sebulan, maka produktivitas dan kualitas kerjanya seminimalnya harus setara dengan jumlah yang diterima. Jika ia bermalas-malasan di tempat kerja, facebook-an pada jam kerja, kurang produktif, hanya sekadar mengisi absensi kerja tanpa berkontribusi yang sesuai dengan jenis pekerjaannya, maka gaji yang ia terima sesungguhnya terlalu banyak, misalnya dengan kerja seperti itu semestinya ia digaji 3 juta saja, maka 2 juta kelebihannya sebenarnya bukan hak dirinya karena tidak memenuhi kaidah takaran dalam jual-beli. Kelebihan harta itu tidak akan membawa kebaikan baginya, bahkan akan membawa kesempitan hidup. Cara Allah mensucikan harta seperti itu bisa jadi dengan diberi penyakit lewat dirinya atau sanak saudara, kecurian harta atau ditipu orang, dan hal-hal lain yang pada prinsipnya mengambil jumlah yang tidak seharusnya ia terima.

Maka perhatikan takaran dalam melakukan aktivitas sehari-hari, jangan bersenang hati dengan prinsip melakukan sedikit dan mendapatkan sebanyak-banyaknya. Karena manusia diciptakan untuk beramal. Jadi apabila ia digaji X rupiah maka ia akan memberikan kontribusi X plus, karena kelebihan kerjanya akan menyinari jiwa dan memberkahi diri dan keluarganya. Itulah cara mendapatkan berkah dari rezeki yang diterima, dengan memperhatikan takaran dan timbangannya.[]



No comments:

Post a Comment