Saturday, December 9, 2017

Kekuatan Tauhid Ibrahim as

Sebuah teladan tentang memegang teguh keimanan telah didemonstrasikan oleh Nabi Ibrahim as. Ketika berbagai upaya Raja Nimrod untuk membunuhnya gagal, maka dibuatlah makar terakhir dengan membangun lubang raksasa yang diisi oleh berton-ton kayu bakar. Dengan harapan jika api yang membakar kayu itu sudah membumbung ke angkasa maka Ibrahim as akan dilempar untuk mati di dalamnya.
Saat api mulai membakar satu persatu kayu yang ada datanglah empat malaikat muqarrabun, empat malaikat tertinggi untuk menawarkan pertolongan. Tapi setiap kali Nabi Ibrahim as menolak dan berkata "Dia yang menempatkanku disini mengetahui keadaanku, dan Dia yang akan menolongku."
Demikian teguh kekuatan iman dan kepercayaan Nabiyullah Ibrahim kepada Rabbnya, hingga Allah berkata-kata dengan suara yang dapat didengar oleh semua nabi, malaikat, orang-orang suci, penghuni alam malakut, semua ciptaanNya. "Tidakkah engkau menyaksikan kekuatan hati hambaKu Ibrahim? Adapun kalian lebih memercayai kekuatan harta, air, sumber bumi, matahari, bulan, orang sakti, orang bijak, kepintaran diri, jin, malaikat dan setan. Kalian meminta pertolongan kepada mereka semua. Tapi lihatlah Ibrahim. Api sudah menyala di hadapannya namun hatinya tidak gentar, ia tetap mengandalkanKu. Sungguh Aku tidak pernah melihat seorang pun yang memiliki iman dan keyakinan sekuat dia. Dia yang hanya meminta pertolonganKu."
(Kutipan dan adaptasi dari kisah Ibrahim as yang disampaikan oleh Muhammad Raheem Bawa Muhaiyyaddeen)



No comments:

Post a Comment