Friday, December 15, 2023

 Terkadang kita lebih mengandalkan upaya berkomunikasi untuk menyelesaikan segenap persoalan hidup kita. 

Kurang uang, langsung responnya telepon sana-sini, hubungi ini dan itu. 

Sedang dilanda krisis, lalu langsung reaksinya minta tolong sama ini dan itu, konsultasi sana-sini. 

Kita lupa bahwa "tidak ada musibah terjadi kecuali dengan izin Allah" (QS At Thagabuun [64]:11). Bahwa apapun yang datang ke semesta kita adalah bukan sebuah kebetulan atau sekadar aksi dari satu atau dua orang. Tak ada satu atompun mewujud dan bergerak di semesta ini kecuali dalam izin dan kendali-Nya. Ingat, Allah tak pernah kehilangan kendali atas apapun. Adalah ilusi kita yang mengatakan seolah-olah tak memiliki kendali atas kehidupan dan dibuat bingung serta resah karenanya. Pantas saja, karena kita semata-mata adalah manusia yang tak berdaya dan sangat membutuhkan persoalannya. 

Berbekal kesadaran bahwa semua yang terjadi adalah dalam izin Allah maka pantaslah bagi seorang hamba untuk terlebih dahulu menghadapkan segenap diri ke hadapan Allah Yang Maha Kuasa setiap kali berhadapan dengan dunia. Tak perlu selalu saat minta tolong dan dalam keadaan membutuhkan, tapi juga saat mendapatkan kesenangan dan kebahagiaan. Agar kita tidak terlena dan selalu dalam keadaan mengingat-Nya. 

Amsterdam, 15 Desember 2023 / 2 Jumadil Akhir 1445 H

Musim gugur yang mulai menghangat, 9 C . Selepas renang rutin setiap Jum'at, ikhtiar menjaga kebugaran raga - sang kendaraan si jiwa. :)

No comments:

Post a Comment