Monday, December 28, 2015

Di Balik Kejadian Yang Menyebalkan

Kadang Allah Ta'ala menghidangkan fenomena kehidupan yang tidak kita sukai dan bisa jadi membuat kita emosi karenanya. Bisa jadi suguhan macet harian yang mengesalkan, kelakuan pasangan atau anggota keluarga yang mengecewakan atau perilaku kolega kantor yang membuat kita sedih. Kalau kita terjegal pada emosi sesaat dan marah maka hikmahnya tidak akan terbuka.
Diamlah sesaat dan coba melihat hikmah dari kejadian yang kita hadapi, setidaknya "try to take a look at a bright side". Insya Allah "positive attitude"yang demikian akan lebih membawa manfaat. Tak kalah pentingnya untuk menyertakan hati yang berserah kepada Allah dengan iringan doa, "Ya Allah, didiklah hamda dengan pendidikan yang terbaik."
Sungguh Allah Maha Tahu apa yang terbaik bagi kehidupan kita masing-masing, apa yang menjadi kebutuhan kita dari saat ke saat. Dengan demikian tidak ada yang perlu disesali dan dikeluhkan dalam kehidupan.
(Adaptasi dari Pengajian Hikmah Al QurĂ¡n bulan November 2015 yang disampaikan oleh Zamzam AJ Tanuwijaya , Mursyid Thariqah Kadisiyyah)

No comments:

Post a Comment