Thursday, September 15, 2016

Perbedaan Alam Barzakh Dan Alam Mahsyar

Apa perbedaan yang paling menonjol antara alam barzakh dan hari-hari setelah alam kebangkitan di yawmil mahsyar nanti?
Kalau masalah kebaikan dan keburukan, keduanya sama-sama dihisab pada saatnya masing-masing. Adapun perbedaan yang paling fundamental adalah ketika di alam barzakh jiwa manusia masih hidup tanpa jasadnya yang sudah membusuk ditelan bumi.
Maka di alam barzakh setiap manusia terikat ke kamarnya masing-masing. Sehingga apapun yang sang manusia alami di alam barzakhnya lebih kepada dosa personalnya. Ada yang membawa amarah, dendam, keraguan, ketidakpuasan, kesombongan dll ketika ia meninggal; maka semua itu akan dibersihkan.
Adapun di Hari Kebangkitan nanti jasad manusia akan dibentuk lagi dan disandingkan kembali bersama jiwanya. Di hari yang penuh huru-hara itulah semua permasalahan mengenai muamalah, hutang, keributan antara suami-istri, adik-kakak, tetangga, teman dan lain-lain akan mengemuka. Setiap orang bisa saling menghujat dan mencakar dengan tak kenal belas kasihan.
Kita berlindung kepada Allah Ta'ala dari keganasan hari tersebut dan sekuat mungkin menjaga diri dari menyakiti orang lain baik melalui lisan atau perbuatan kita.
(Adaptasi dari Kajian Hikmah Al Qur'an yang disampaikan oleh Zamzam AJT, Mursyid Penerus Thariqah Kadisiyah, 17 Juli 2016)

No comments:

Post a Comment