Monday, November 14, 2016

Hidup Bukan Untuk Bersenang-senang!

Para nabi diberi gelar "alaihi salaam" karena masing-masing telah melampaui ujian berat kehidupan yang merupakan urusan ('amr) spesifik setiap insan. (Zamzam AJT)

Dikisahkan bahwa Nabi Daud sempat bertanya kepada Allah Ta'ala mengapa namanya tidak dibubuhi salam, maka Allah Ta'ala menjawab "Engkau belum diuji" Kemudian Nabi Daud menjawab, "Ya Allah ujilah hamba!"

Surga pun disebut sebagai Darussalaam.
"Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Rabbnya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal shalih yang selalu mereka kerjakan. "
(QS Al An'am:127)

Untuk memasuki surga (Darussalaam) setiap insan mau tidak mau harus menerjang hal-hal yang tidak mengenakkan. Dikatakan dalam hadits "Neraka dikelilingi dengan syahwat (hal-hal yang menyenangkan nafsu), sedang surga dikelilingi hal-hal yang tidak disenangi (nafsu)."(HR Bukhari)

Jadi hidup itu bukan untuk enak-enakan apalagi bermalas-malasan, bukan juga berarti kita mencari masalah. Tetapi kita harus sadar bahwa pada hakikatnya nafas kita yang terbatas di alam dunia ini sebaiknya digunakan untuk berbuat baik sebanyaknya dan mengumpulkan bekal untuk menempuh perjalanan berikut.

Bagi siapapun yang tengah didera oleh penyakit, ujian, masa penantian panjang, konflik rumah tangga, kesibukan yang mematahkan tulang, kebingungan, ketakutan dan kesempitan hidup. Berdiri tegaplah dan tetap berjalan dan menggapai Dia Yang mengirimkan itu semua.

I know you are tired, but come this is the way !
- Jalaluddin Rumi

No comments:

Post a Comment