Thursday, November 23, 2017

Jika Hanya Sibuk Menyelesaikan Masalah Dunia

Kesadaran bahwa tidak ada musibah apapun yang menimpa seseorang tanpa Dia izinkan akan membuat hati sang hamba menjadi lebih tenang bahwa semua dalam kendaliNya.
Adapun sebagian besar manusia luput dari melihat tanganNya ada di balik setiap hal yang digerakkan kepada dirinya. Kebanyakan akan terantuk pada masalah yang ada, menyalahkan orang lain hingga mengutuk takdir dan kehidupan. Jarang yang mampu melihat ke dalam diri dan merenung ada apa di balik Sang Maha Kuasa mengizinkan hal itu terjadi? Mungkin ada orang yang menyakiti kita, mungkin diri atau orang yang dikasihi ditimpa penyakit atau musibah, mungkin tengah dirundung kesulitan dalam kehidupan dan lain sebagainya ujian kehidupan.

Selama seseorang masih berkutat pada solusi horizontal, menghadapkan diri kepada kemampuan diri dan bantuan makhlukNya, selama itu juga pemahamannya akan diri dan kehidupan tidak akan meningkat dan seumur hidup ia hanya akan tenggelam dalam kesibukan menyelesaikan urusan dunia yang tidak ada habisnya.

- Adaptasi dari Kajian Al Hikam yang disampaikan oleh Kang Zamzam AJT, Mursyid Thariqah Kadisiyah, Jakarta, 18 November 2017

No comments:

Post a Comment