Wednesday, May 9, 2018

Orang yang tahu tata krama akan meminta izin sebelum memakai sesuatu yang bukan miliknya, itu adalah adab.

Badan ini bukan milik kita, ia milik Allah yang dititipkan, kita hanya diberi hak guna pakai. Untuk melaksanakan adab menggunakan raga yang terdiri dari 360 persendian ini maka shalatlah dua rakaat di waktu dhuha. Dengan meminta izin di awal hari, kiranya Dia melindungi dari marabahaya, membimbing ke jalan yang benar serta memberikan taufiq kepada raga ini.

*****

“Pada pagi hari diharuskan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Setiap bacaan tasbih (subhanallah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid (alhamdulillah) bisa sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil (laa ilaha illallah) bisa sebagai sedekah, dan setiap bacaan takbir (Allahu akbar) juga bisa sebagai sedekah. Begitu pula amar ma’ruf (mengajak kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at” (HR. Muslim no. 720).

“Manusia memiliki 360 persendian. Setiap persendian itu memiliki kewajiban untuk bersedekah.” Para sahabat pun mengatakan, “Lalu siapa yang mampu bersedekah dengan seluruh persendiannya, wahai Rasulullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas mengatakan, “Menanam bekas ludah di masjid atau menyingkirkan gangguan dari jalanan. Jika engkau tidak mampu melakukan seperti itu, maka cukup lakukan shalat Dhuha dua raka’at.” (HR. Ahmad, 5: 354)



No comments:

Post a Comment