Saturday, February 18, 2023

 Mulutmu Harimaumu


Hati-hati dengan apa yang kita katakan.
Kalau orang bilang "Jangan sompral!"

Percaya atau tidak, takdir kita bisa dipengaruhi oleh lisan kita sendiri. Nenek saya dulu suka wanti-wanti, "Hati-hati kalau bicara, nanti ada malaikat yang mencatat" Apa yang kita katakan bisa jadi doa.

Coba perhatikan baik-baik, jangan-jangan musibah yang menimpa kita adalah sebuah pembersihan karena di sebuah waktu kita pernah berkata tidak pada tempatnya. Mungkin pernah meremehkan seseorang bahkan menghinanya. Mungkin pernah terlontar prasangka yang buruk yang tidak semestinya diucapkan. Mungkin pikiran buruk kita kerap diungkapkan berkali-kali hingga ia mewujud jadi kenyataan.

Kadang saat kita disakiti oleh seseorang sakitnya luar biasa. Tapi jangan sampai kekecewaan dan sakit hati kita membuat kita mengucapkan kata-kata yang akan disesali. Rasulullah Saw pun pernah bersabda,

“Janganlah kalian mendoakan kebinasaan terhadap diri kalian, janganlah kalian mendoakan kebinasaan terhadap anak-anak kalian, janganlah kalian mendoakan kebinasaan terhadap pelayan kalian, dan jangan pula kalian mendoakan kemusnahan terhadap harta benda kalian agar jangan sampai kalian menjumpai suatu saat Allah yang di dalamnya semua permintaan diberi, kemudian (doa) kalian diperkenankan.”

(Muslim Kitabuz Zuhd Raqaaiq 5328 dan Abu Dawud, Kitabush Shalat 1309).


No comments:

Post a Comment