Wednesday, February 8, 2023

 BAHAGIA ITU...


Saya suka memerhatikan orang di sekitar. Apa yang mereka lakukan. Apa yang membuat mereka menangis dan tertawa. Apa yang membuat mereka tersenyum dan apa yang membuat mereka murung.

Pernah saya lihat seorang laki-laki pemulung tengah beristirahat sambil duduk di pinggir jalan. Ia membuka nasi bungkus dan memakannya dengan lahap bersama anaknya yang naik di atas gerobak. Dia tampak ceria dan bahagia, makan di emperan jalan dengan semburan asap knalpot dan debu dari sekelilingnya.

Di kesempatan lain, saya pernah melihat seorang laki-laki duduk berhadapan dengan perempuan cantik di sebuah restoran mewah. Dua-duanya mengenakan pakaian rapi. Mereka duduk berhadapan demikian dekat tapi seperti ada jurang di antara mereka. Jarang saya perhatikan mereka berbicara. Lebih disibukkan dengan telepon genggamnya masing-masing yang kadang diletakkan karena makanan hendak dihidang oleh pelayan restoran. Tak tertangkap nuansa kehangatan apalagi kebahagiaan yang terpancar dari keduanya.

Betapa kontras keadaan keduanya. Satu dalam keadaan yang orang pandang sulit dan berkekurangan. Yang lain dalam keadaan berlebih. Tapi bahagia itu rupanya memang tidak bisa dibeli. Dia adalah sesuatu yang Allah turunkan dari langit.

"dan sesungguhnya Dialah yang menjadikan orang tertawa dan menangis" QS An Najm:43

No comments:

Post a Comment