Wednesday, December 28, 2016

Hujan Dalam Hati Yang Melahirkan Sifat Baik

Dan (Nabi Hud a.s. berkata),
"Wahai kaumku! Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu lalu bertaubatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras, Dia akan menambahkan kekuatan di atas kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling menjadi orang yang berdosa."
Setiap diri kita pun mengalami proses yang sama di dalam qalb masing-masing. Apabila kita bersungguh-sungguh menempuh jalan pertaubatan maka Allah Ta'ala pasti akan menurunkan hujan lebat di dalam hati yang dengannya maka pohon jiwa di dalam diri sang insan akan semakin tumbuh berkembang. Seiring dengan itu maka akan bermunculan sifat-sifat Allah Ta'ala yang indah.
Dalam kehidupan serta keseharian yang dapat diobservasi adalah semakin tumbuhnya sifat-sifat baik: semakin tinggi ambang sabarnya, semakin lapang hatinya, semakin bersinar sifat kasih sayangnya, semakin terjaga lisannya, semakin mudah memaafkan, semakin ringan untuk memberi, semakin tegar menjalani ujian, semakin cerdas akalnya hingga ia mampu memahami pesan-pesan Allah Ta'ala yang tersembunyi bahkan dalam kemelut kehidupan. Itulah salah satu tanda taubat yang benar.
(Adaptasi dari Kajian Hikmah Al Qur'an yang disampaikan oleh Zamzam AJT, Mursyid Penerus Thariqah Kadisiyah, 11 Desember 2016)

No comments:

Post a Comment