Sunday, August 18, 2024

Impossible is Nothing

 Kata pikiran kita, "Uangnya dari mana?"

Kata perhitungan medis, "Penyakitnya susah disembuhkan..."

Kata ancang-ancang orang, "Wah susah diperbaiki situasinya..."

Kita sering lupa bahwa apapun yang manusia perhitungkan tidak ada apa-apanya dengan kuasa Allah. 

Lha, katanya kalau shalat "Allahu Akbar", kencang sekali mengatakannya. Tapi apakah benar yakin Allah Maha Besar? Allah Maha Kuasa dibandingkan sekian himpitan kesulitan kehidupan yang membuat kita putus asa dari rahmat-Nya dan seakan-akan tak akan ada jalan keluar yang mungkin ditempuh. Di sinilah iman kita dipertaruhkan. Sejauh mana kebenaran shalat kita. Apakah hanya sekadar lewat di mulut tapi tak menjejak di hati. Apakah sekadar ritual semata yang tidak membawa cahaya makrifat bagi jiwa.

Sahabat, apapun yang kata orang sudah final belum tentu. Karena bagi Allah mudah mengubah apapun dalam sekejap, "kun fa yakun" - jadilah! maka terjadilah ia. Jadi jangan-jangan yang menutup solusi bagi segenap persoalan kita adalah keraguan kita sendiri akan janji Allah, karena ingat Allah akan sesuai dengan prasangka hamba-Nya. Kalau kita ragu maka Dia pun akan enggan untuk melangkah, karena keraguan hanya membawa prasangka buruk dan kalaupun dikabulkan tapi dia masih dalam keadaan ragu, bisa jadi pengabulan doanya itu bukan membuat dia bertambah dekat dengan Allah tapi malah terpincut dengan sebab musabab dari ciptaan-Nya yang dia lihat memberikan solusi. 

Ingat, hidup adalah rangkaian perjalanan untuk mengenal Dia, agar kita makin dekat dengan-Nya. Jalani saja hari ke hari, tak perlu khawatir dengan apa yang belum ada. Adalah prasangka, interpretasi dan pikiran kita sendiri sebenarnya yang menyiksa diri, bukan kenyataan yang ada. Tidak ada yang mustahil bagi Allah. Dengan Dia semuanya mungkin. Asal jangan sampai ada seatom keraguan pun di dalam hati kita. Karena keraguan pada-Nya itu yang justru menghambat turunnya karunia yang sudah Dia siapkan untuk kita masing-masing.  Semoga Allah Ta'ala menolong kita.

Amsterdam, liburan musim panas - sepi di rumah karena anak-anak liburan ke Italia

Satu hari setelah peringatan kemerdekaan RI, 18 Agustus 2024 pukul 14.01 siang

No comments:

Post a Comment