Monday, May 13, 2013

Membawa Benda Dunia Ke Akhirat

Perhatikan semua benda yang Allah berikan kepada kita, mulai dari pakaian yang menempel, pernak-pernik rumah tangga, kendaraan, gadget dan apapun yang ada dalam genggaman kita per hari ini.
Sesungguhnya di antara benda-benda itu ada yang benda yang membawa kebaikan bagi pemiliknya, ada yang membawa kemalangan di dunia atau ketika dihisab di akhirat kelak.

Seorang  yang cerdas akan senantiasa menggunakan apapun yang Allah berikan dalam genggamannya sebesar-besarnya untuk beramal saleh, sehingga tidak ada satu benda pun yang mubazir, bahkan diri dan waktunya dia hitung betul agar mendatangkan manfaat dan kebaikan.

Maka mulailah menghisab diri sendiri sebelum dihisab di hari akhir yang sangat teliti perhitungannya, sadarilah bahwa apapun yang kita miliki walau itu sekedar vas bunga yang tergeletak di sudut rumah atau barang yang bahkan kita lupa memilikinya dan tertimbun di gudang, semuanya akan diminta pertanggungjawabanny, dari mana kita dapatkan, untuk apa kita gunakan.

Setiap barang yang kita gunakan dalam kebaikan akan bersaksi kelak di suatu hari dimana semua benda termasuk tubuh kita akan diberi kekuatan untuk berkata-kata. Jikalau itu terjadi, semoga mereka semua memberikan kesaksian yang baik kepada kita. Aamiin ya Rabb...

(Disajikan ulang dari pengajian Hikmah Al Quran, Zamzam AJT. 19 November 2005)

Amsterdam, 13 Mei 2013
1.58 pm

No comments:

Post a Comment