Monday, January 20, 2014

Aktifkan Pikiranmu!

Pikiran itu rajanya jasad, sehingga kita harus punya kegiatan untuk mengaktifkan pikiran, sebab kalau pikiran tidak digunakan dalam hal yang produktif dia akan cenderung ingin ini-itu, syahwat dan hawa nafsunya yang berkembang.

Silahkan diamati pekerjaan atau kegiatan apa yang kita sukai, bisa jadi menulis, membaca, merawat bonsai itu semua kan tidak mudah ada ilmunya. Apapun itu berikan pikiran kita haknya. Bagi yang kerja di kantor atau di rumah, jangan jadikan hari-hari berlalu hanya sebagai rutinitas saja tanpa ada usaha untuk menghidupkan pikiran kita. Pelajari dengan baik apa saja yang dirasa perlu, tua muda sama saja.

Pengalaman saya manakala belajar bidang yang disukai, kita akan tenggelam betul, bisa berjam-jam mempelajarinya, tapi saat tidak ada kerjaan, santai lihat tv sambil tiduran lalu ngantuk. Hati-hati, kebanyakan tidur bisa mematikan hati, kata Rasulullah.
Mari kita mulai dari saat ini juga, dengan hal yang simpel, sembari berdoa "ya Allah, ilhamkan kepadaku sesuatu yang akan memberi manfaat dunia dan akhirat pada pikiran saya..."

(Zamzam AJT)

No comments:

Post a Comment