Wednesday, January 15, 2014

Rencanakanlah Hidupmu

Manusia hidupnya tidak bisa tanpa perencanaan, karena perencanaan adalah haknya akal pikiran. Seperti misalnya kita hendak shalat lalu kucing disebelah kita mengeong terus karena lapar, ya kasih saja sedikit ikan untuknya kan langsung diam. Sama saja dalam diri kita pun banyak 'kucing'nya, maka berilah haknya agar kita bisa fokus. 

Jadi kita wajib merencanakan setahun kedepan, dua tahun kedepan dst dengan detil, tergantung setiap orang pasti beda-beda perencanaannya. Saya sendiri adalah orang yang sangat merencanakan setahun, dua tahun , lima tahun ke depan, dst dengan detil. Kalau kata Rasulullah “Jika engkau hendak sholat hendaklah engkau berpikir akan mati besok, kalau tentang duniamu anggaplah engkau akan hidup 1000 tahun.”

Jadi sekali lagi buatlah perencanaan hidup dengan baik. Walaupun dalam kasus saya misalnya hampir 75% dari apa yang saya rencanakan tidak kesampaian, selalu gagal. Dan saya tidak pernah kecewa, karena apa yang Allah berikan selalu lebih baik daripada apa yang saya rencanakan, dan saya akan terus membuat rencana...


(Zamzam AJT)

No comments:

Post a Comment