Thursday, December 12, 2019

CUCI PIRING & PRODUKTIVITAS MENULIS Apa hubungannya? Sekilas terlihat dua hal yang tidak berhubungan: cuci piring dan menulis. Well, in my case it has a significant impact. Bukan masalah cuci piringnya saja, namun segala hal yang dihadirkan di semesta kita dan perlu dibenahi per saat itu yang kita harus waspada dan menghadap kepada mereka. Pernah satu hari saya coba tunda semua pekerjaan rumah saya plus sewa baby sitter untuk menjaga anak-anak, maksudnya supaya bisa kejar deadline tulisan dan kerja nyaman di perpustakaan. Tapi apa yang terjadi? Inspirasi malah tersendat. Kata-kata yang saya tuliskan jadi terasa hambar. Masya Allah. Disitu saya sadar bahwa Dia Sang Maha Pemberi inspirasi. Kalau keran inspirasi ditutup ya kelabakan. Kita benar-benar fakir, tergantung pada pertolongan Allah. Sementara kunci terbukanya pertolongan Allah adalah dengan kita menolong orang lain, berkontribusi kepada semesta. Kadang didatangkan orang yang minta curhat, kadang ada keluarga yang butuh pertolongan atau kadang sesederhana kita melihat rak buku atau rak sepatu yang berantakan. It's amazing to see how little acts can change our life significantly. Saya sudah berkali-kali mencoba. Semua perkara yang orang lain anggap sulit buat saya dimudahkan. Bukan karena saya jago atau pintar. Sama sekali tidak. Semua dari Allah. Saya sekadar entitas yang dulu pun bahkan tak bernama. Sekadar mencoba menyikapi dengan baik "hal-hal sepele" yang Dia hadirkan di sekeliling kita. Dan Dia pun menggerakkan semesta dengan ajaib. Jadi, jangan berkecil hati dengan kesulitan kehidupan. Sedalam apapun masalah kita, sesulit apapun tugas di hadapan atau segelap apapun ujian kelihatannya. Katakan pada semua itu bahwa kita punya Tuhan Yang Kuasa mendatangkan perubahan. Tuhan yang sama yang menggerakkan siang dan malam. Adalah mudah bagi Dia mengganti kelamnya kehidupan dengan mendatangkan secercah cahaya ataupun sebaliknya. Karena memang dunia dan kehidupan ini bukan kita yang punya...

No comments:

Post a Comment