Sunday, December 8, 2019

Salah satu hal yang paling mencolok kalau sedang mudik ke Indonesia adalah melihat pemandangan tumpukan sampah disana-sini. Saking lamanya hal itu terjadi saya sendiri dulu sudah menganggap itu hal yang biasa. Sampai saya tinggal di Belanda yang terbilang cukup baik manajemen sampahnya. Akhirnya jadi tak biasa lagi melihat pemandangan sampah teronggok di jalan. Tapi untuk menata kota agar bersih butuh biaya untuk membayar personel, truk sampah yang bagus, kontainer underground yang bisa memuat sampah banyak dan tertutup rapih, serta berbagai fasilitas lain. Mau tahu berapa rata-rata warga Amsterdam membayar iuran sampah setiap tahunnya? Sampah dihitung per orang, karena setiap orang yang teregistrasi di alamat tertentu langsung dikenai tagihan tahunan sebesar 276 euro per orang per tahun (sekitar 4juta rupiah). Kalau rumah terdiri dari keluarga dengan anak-anak bayar pertahun sepaket 368 euro (sekitar 5,5 juta). Di Indonesia berapa iuran sampah? Yang saya tahu di kompleks ibu saya tinggal hanya 50 ribu rupiah per bulan. Bayangkan, uang sebesar itu cukup untuk apa? Tak heran sampah tak termanage dengan baik. Ibu saya termasuk orang yang ga tegaan melihat para tukang sampah yang bekerja keras, setiap mereka datang - biasanya 3-4 orang termasuk supir truk- selalu ibu kasih makanan untuk mereka masing-masing dan saya kerap melihat mereka langsung melahap makanan itu di atas tumpukan sampah yang bau dengan tanpa cuci tangan, masya Allah... Jadi, kalau pemerintah mau menaikkan tarif iuran sampah dua kali lipat seperti tempo lalu, saya setuju. Asal penggunaannya jelas. Maklum, korupsi masih menjadi salah satu penyakit kronis di negeri kita. Bicara tentang sampah. Agama jelas menganjurkan “kebersihan sebagian dari iman”. Aneh kiranya kalau kita sibuk beribadah ritual dengan mengabaikan aspek lingkungan hidup. Padahal bukankah tugas kita menjadi khalifah - yang memanage buminya masing-masing? Saya pikir tak ada salahnya para ustadz atau ustadzah selain gencar menyeru membersihkan hati juga membersihkan lingkungan sekitar kita. Untuk Indonesia yang lebih baik❤️

No comments:

Post a Comment