Wednesday, June 18, 2014

Jalan Memperbaiki Hidup

"Barangsiapa memperbaiki hubungannya dengan Allah, maka Allah akan memperbaiki hubungannya dengan manusia."
(Rasulullah saw)
Kita semua punya masalah dalam kehidupan, ada yang bermasalah dengan pasangannya, anaknya, tetangganya, mertuanya, rekan sekerjanya; ada yang terlilit hutang; ada yang tidak betah dalam pekerjaan; ada yang gelisah menanti jodoh; ada yang cemas menghadapi ujian dan lain sebagainya.
Orang yang mengandalkan usahanya akan langsung sibuk mencari penyelesaian yang bersifat horizontal; yang bermasalah dengan pasangan mungkin mencari konselor pernikahan; yang punya hutang mungkin sibuk meminjam kesana-kemari; yang menanti jodoh mungkin sibuk memasang profil di biro jodoh atau mendadak rajin ikut pengajian di mesjid, apapun itu masing-masing seperti panik ingin segera melepaskan diri dari masalah yang tengah dihadapinya.
Orang yang cerdas dan tauhidnya kuat adalah mereka yang respon pertamanya menghadapi masalah adalah dengan menjerit kepada Sang Pemberi masalah. Tak mengapa jika kemudian ia pun berikhtiar sana-sini, namun hatinya sudah keburu ditambatkan pada Yang Maha Kuasa menghilangkan masalah itu dari kehidupannya.
(Kajian Kitab Al Hikam)

No comments:

Post a Comment