Monday, June 30, 2014

Saat Gentar Dalam Kondisi Kekurangan

Menanti penyelesaian dari Allah adalah ibadah, barangsiapa rela dengan rezeki sedikit, maka Allah rela pula dengan sedikit amal yang dikerjakannya.
(Riwayat Ibnu Abud Dunya)
Rezeki itu Allah yang memberikan, lihat saja seorang bayi lahir tanpa membawa apapun dan tak berdaya. Dengan rahmat-Nya dia mejadikan kasih sayang yang membuat orang tua dan orang sekitarnya merawat sang bayi. Ketika bayi lahir ASInya tersedia, kalaupun ASI tidak didapatkan dari sang ibu bisa Allah hadirkan ibu sepersusuan atau diberinya orang tua rejeki untuk memberi susu bagi sang bayi tercinta.
Sesungguhnya kalau setiap manusia mau berserah diri seperti bayi yang tidak berdaya maka Allah sebenarnya selalu menjamin rejeki setiap orang. ASI yang keluar melalui ibu hanya simbol saja, dalam kehidupan selanjutnya akan ada bentuk 'ASI-ASI' lain asal kita memaksimalkan ikhtiar masing-masing.
Jadi, jangan gentar menghadapi kekurangan dalam kehidupan, jangan panik lalu grasa-grusu hutang sana-sini apalagi rebut hanya masalah ekonomi dalam rumah tangga, itu tidak baik. Kita punya Allah Yang Maha Memberi Rezeki, mintalah kepadanya baik-baik sambil terus ikhtiar tanpa harus ngoyo.
(Disajikan ulang dari Pengajian Hikmah Al Quran : Hikmah Surat Al Baqarah yang disampaikan oleh Zamzam AJT)

No comments:

Post a Comment