Friday, June 20, 2014

Mengapa Penting Mempelajari Sejarah

Manusia terlahir di dunia ini tidak lepas dari ordinat ruang dan waktu.
Kapan kita dilahirkan? Peristiwa apa yang mengelilingi kita? Apa jaman yang tengah dihadapi sekarang? Bagaimana masa lalu kita dan orang tua?
Suka atau tidak suka, kita semua terikat dengan sejarah masing-masing. Oleh karenanya tidak bisa menutup mata, cuek terhadap sejarah atau bahkan mencoba memotong sejarah masing-masing dengan alasan 'terlalu kelam untuk diingat', karena sesungguhnya setiap penggal kehidupan kita sangat berharga dan tidak ada yang sia-sia karena semua datang dari desain Sang Maha Pencipta.
Di kitab suci pun kita menemukan banyak kisah tentang Nabi, Rasul dan para Shiddiqin, karena semua itu memberikan bekal dan arahan untuk kita dalam menghadapi kehidupan. Akan tetapi kebanyakan manusia terperangkap oleh urusan per hari ini, kesibukan hari ini, butuh uang hari ini dan setan pun akan sibuk menutup pandangan kita dari melihat permasalahan secara utuh agar kita pontang-panting menghabiskan usia hanya dengan disibukkan dengan urusan dunia yang tidak ada habis-habisnya.
Penting untuk belajar sejarah, karena itu memberikan visi dan kita bukan sekedar belajar data sejarah, peradaban dan berjuang memperbaiki masyarakat tapi mencari sesuatu yang ada sentuhan Tuhan di dalam sejarah itu, jadi target kita adalah Allah-nya, kita berjuang untuk mencintai dan dicintai oleh-Nya.
(Disajikan ulang dari pengajian Hikmah Al Qur'an yang disampaikan oleh Zamzam AJT)

No comments:

Post a Comment