Wednesday, June 18, 2014

Melatih Fokus Diri

Seorang salik adalah ia yang sedang melatih dirinya untuk fokus, melayani hidangan Allah yang sedang hadirkan di hadapannya.
Pada intinya setiap orang akan memberi perhatian penuh pada hal-hal yang ia anggap penting dalam hidupnya, maka coba perhatikan dalam-dalam hal apa saja yang selama ini menarik perhatian kita masing-masing.
Untuk melihat apa yang mendominasi hati dan pikiran kita mudah sekali, perhatikan saat kita sedang sholat, apa yang sering melintas dalam kepala atau hati kita? Apakah pekerjaan? Urusan rumah tangga? Keuangan? Anak? Apapun bayangan yang terpantul dalam pikiran kita adalah cerminan atas hal-hal yang mendominasi hati pada saat itu. Padahal saat sholat semestinya kita mendedikasikan waktu yang 'hanya' beberapa menit itu untuk berkomunikasi dengan Allah Ta'ala semata.
Melatih konsentrasi saat sholat kita juga bisa terapkan untuk fokus dalam keseharian, misalkan kita sedang mengikuti pengajian atau paparan seorang guru di sebuah ruangan, biasanya bila ada sahabat lain yang masuk kemudian ke dalam ruangan kita secara refleks akan mengalihkan wajah kita menoleh kepadanya. Nah, bayangkan apabila kita sedang diajak berbicara oleh Allah Sang Penguasa langit dan bumi kemudian kepala kita tolah-toleh kesana-kemari tertarik oleh berbagai obyek yang melintas dalam hati, bagaimana kiranya perasaan-Nya?
Maka kita mulai berlatih untuk fokus kepada hal-hal yang sedang kita hadapi, pada sesuatu yang kita anggap penting bagi dunia dan akhirat. Kita berlatih untuk tidak mudah teralihkan perhatiannya kepada hal yang bukan tujuan utama. Berlatihlah dari hal yang halus dan terlihat 'kecil' dengan demikian kita sudah membiasakan diri menjaga pintu hati masing-masing.
(Syaikh Kabir Helminski)

No comments:

Post a Comment