Thursday, August 8, 2013

Bencana, Kesempitan dan Guncangan Kehidupan

Apakah engkau mengira bahwa akan masuk jannah sedangkan belum datang kepadamu apa yang menimpa kepada kaum sebelummu. Mereka ditimpa oleh bencana, kesempitan dan guncangan dalam kehidupan...
- QS Al Baqarah 214

Ayat ini adalah ayat yang sangat penting bagi para pejalan, karena ketiga hal itu merupakan hal yang akan menimpa setiap pencari Allah. Untuk melengkapi ayat di atas, mari kita lihat ayat-ayat yang serupa dalam Al Quran.

Apakah kamu mengira kamu akan masuk surga? Padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad diantaramu dan belum nyata orang-orang yang sabar.
- QS Ali Imran 142

Jadi kalau kita belum penyabar pasti akan ditempa, kalau kita menuju Allah Taála.

Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan jiwamu dan kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyulitkan hati , jika kamu bersabar dan bertaqwa maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang diutamakan.
- QS Ali Imran 186

Tidaklah patut bagi penduduk Madinah dan orang-orang Arab Badui yang berdiam di sekitarnya tidak turut menyertai Rasulullah berperang dan tidak patut bagi mereka mencintai diri mereka sendiri daripada mencintai Rasul. Yang demikian itu adalah karena mereka tidak ditimpa oleh kehausan, kepayahan dan kelaparan pada jalan Allah.
- QS At Taubah 120

Jadi sebuah bencana atau kesulitan itu adalah sebuah kewajiban bagi mereka yang mencari Allah, itulah mekanisme rahmat Allah Taála. Orang tidak akan kemudian melihat tajali Al Jamal tanpanya. Segala macam gerinda kehidupan dalam bentuk bencana, kesempitan dan keguncangan akan membuat hijab kita dengan Allah makin menipis. Maka kemudian dikatakan, Ïngatlah sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat, ini mengisyaratkan suatu kondisi hijab-hijab yang mulai menipis setelah sang hamba ditempa sekian lama dengan ujian. 

Semoga Allah Taála menolong kita.

(Disajikan ulang dari catatan pengajian Kajian HIkmah AL QUran yang disampaikan Zamzam AJT, 14 Januari 2006)

No comments:

Post a Comment