Sunday, June 19, 2016

Siapa orang yang paling paham Al Qur'an?


Orang yang paling paham Al Qur'an adalah Rasulullah SAW, ia dan Al Qur'an adalah bagaikan kembaran, maka dikatakan bahwa Rasulullah adalah seperti Al Qur'an yang berjalan.
Syaikhul Akbar Ibnu 'Arabi berkata, "seorang insan kamil adalah saudara Al Qur'an". Adapun insan kamil tertinggi adalah Rasulullah SAW, beliaulah orang yang tingkah laku dan akhlaknya berdasarkan Al Qur'an. Oleh karena itu kita diperintahkan mengikuti Nabi.
“Katakanlah: “Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku…”
(Q.S: Ali Imran: 31)
Jadi perjuangan kita melaksanakan sebanyak mungkin sunnah Rasulullah adalah agar dicintai Allah. Dengan demikian tidak patut kita mencemooh orang yang sedang berjuang mengikuti sunnahnya, misalnya ia memakai celana yang cungkrang, berjenggot panjang dsb, walaupun mereka golongan keras sekali pun, Ibnu 'Arabi tidak pernah memaki orang-orang yang keras pada yang sudah ada pada zamannya. Mereka sedang bertahap mengikuti sunnahnya tentu akan dihargai di mata Allah Ta'ala. Kita semua berjuang untuk agama dengan pengetahuan masing-masing.
Maka tekunlah mengikuti apa yang Rasulullah tuntunkan dalam hidup kita. Mulai dari mendawamkan doa-doa yang Rasulullah ajarkan sejak bangun hingga kembali tidur, saat melaksanakan pembagian waris memakai hukum yang diajarkan Rasulullah, mau nikah dan cerai memakai cara Rasulullah dsb. Karena jaminan mengikuti langkah-langkah Nabi maka niscaya Allah mencintai kita.
(Adaptasi dari pengajian pengantar riyadhoh 27 Mei 2016 yang disampaikan oleh Zamzam A.J. Tanuwijaya , Mursyid Thariqah Kadisiyyah)

No comments:

Post a Comment