Saturday, March 18, 2017

Al Baqarah Sang Punuk Al Quran

Seekor unta bisa berjalan di padang pasir berhari-hari tanpa makan karena di dalam punuk sang unta sari-sari makanan - terutama dalam bentuk lemak - tersimpan dengan kapasitas bisa mencapai sekitar 36 kg.

Bicara tentang punuk unta, Rasulullah SAW bersabda, "Segala sesuatu itu mempunyai punuknya tersendiri, sedangkan punuk Al-Qur’an adalah surat Al-Baqarah. Di dalamnya terkandung penghulu ayat-ayat Al-Qur’an, yaitu ayat Kursi." (HR Abu Hurairah).

Sebagaimana fungsi punuk unta untuk menyimpan sari makanan, maka dalam surat Al Baqarah semua esensi topik dalam Al Quran juga tersimpan di sana.

Berikut beberapa riwayat yang menyebutkan ihwal keutamaan surat Al Baqarah.

"Barangsiapa membaca dua ayat terakhir dari Al Baqarah di malam hari, maka cukuplah baginya untuk melindungi -dari marabahaya- " (HR Bukhari-Muslim)

"Apabila kamu merebahkan diri di pembaringan, maka bacalah Ayat Kursiy. Karena dengan begitu malaikat Allah akan selalu menjagamu dan syetan tidak akan mendekatimu sampai pagi."(HR Bukhari)

"Janganlah kalian menjadikan rumah kalian laksana kuburan, karena sesungguhnya syetan akan lari dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al Baqarah." (HR Muslim)



No comments:

Post a Comment