Sunday, January 14, 2018

The Bio-Dome Experiment

Ada sebuah eksperimen besar bernama "The Bio-Dome" yang dilakukan pada awal tahun 1980-an di Amerika. Sebuah kubah kaca raksasa dibangun di tengah padang pasir dan di dalamnya ditanam berbagai pepohonan dengan kondisi lingkungan yang dibuat seideal mungkin. Para peneliti membangun sebuah sistem dimana udara, kadar oksigen, jumlah air, unsur hara tanah, kelembaban dan lainnya untuk menunjang kehidupan vegetasi di dalam kubah tersebut, idenya adalah membuat sistem yang ideal agar tanaman bisa tumbuh walaupun berada di tengah-tengah padang pasir yang kering.

Setelah beberapa bulan berjalan ada hal yang tak terduga terjadi dimana pepohonan banyak yang tumbang dan tercerabut dari akarnya ketika mencapai ketinggian tertentu. Setelah dievaluasi oleh para ahli ditemukan penyebabnya adalah akibat akar-akar pohon yang lemah sehingga tidak kuat menahan pertumbuhan pohon yang semakin mengangkasa. Ternyata kekuatan akar banyak disumbang dari kekuatan angin tertentu yang harus menempa sebuah pohon.

Pohon iman seseorang akan semakin kuat ketika datangnya angin ujian diterima dengan baik hingga akar iman semakin bertumbuh dan menguat di dalam bumi diri. Sebagaimana pohon mendapatkan makanannya dari berbagai unsur hara yang terdapat dalam tanah tempat ia tumbuh, maka pohon iman manusia akan semakin tumbuh dengan sehat jika ia menerima kondisi dan takdirnya setiap saat dengan ikhlas, sesuatu yang Allah sudah desain dan ukur dalam timbangan ilmu dan keadilanNya.


No comments:

Post a Comment