Saturday, February 10, 2018

Amalan Nafs Termulia

"Pada hari ini setiap jiwa (nafs) diberi balasan sesuai dengan apa yang dikerjakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sungguh, Allah sangat cepat perhitungan-Nya."
(QS Al Mu'min [40]:17)

Apa yang dilakukan jiwa melebihi amalan jasadiyah, karena hal seperti kesabaran, kesyukuran, tawakal, ridho adalah hal yang tidak dapat ditangkap dengan indera jasad, amalan hati adalah amalan yang halus antara seorang hama dengan Tuhannya, bahkan para malaikat pun tak diberi kemampuan untuk membacanya.

Selain berbicara tentang amalan yang berupa amal shalih (amalan yang dilandasi keimanan kepada Allah) maka hal besar yang diberi balasan oleh Dia Yang Maha Teliti. Diantara sekian banyak amalan hati, maka sabarlah yang merupakan amalan yang akan membela seseorang saat dia menelusuri aliran takdirnya dan bahkan saat sang manusia berpindah ke alam kubur seperti diriwayatkan dalam hadits sbb:

"Apabila seorang mu'min masuk ke dalam kuburnya, maka shalatnya akan berada di samping kanannya, zakat di sisi kirinya, amal shalih meneduhinya dan kesabaran berada di sampingnya.

Ketika dua malaikat yang berwenang untuk menanyainya datang, maka sabar akan berkata kepada shalat, zakat, dan amal shalih, 'belalah tuan kalian, apabila kalian tidak mampu, akulah yang akan membelanya.'"

(Al-Hadist)

Maka bersabarlah atas semua ketetapanNya yang datang,
bersabarlah atas doa yang belum kunjung terkabul,
bersabarlah atas hal-hal yang engkau anggap kurang,
bersabarlah atas sakitmu,
bersabarlah bahkan atas kekurangan dirimu sendiri.
Pujilah Dia dalam setiap kondisi, ucapkan "alhamdulillah" ini yang akan membuat perjalanan kita lebih ringan dan hati lebih tentram, insya Allah.

(Oleh-oleh tadabbur Al Quran, 10 Februari 2018, 14.07 waktu Amsterdam)

No comments:

Post a Comment