Monday, October 9, 2017

Adam Yang Dicipta Dengan Kedua Tangan-Nya

Salah seorang sufi telah berkata mengenai firman Allah, "Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (al asma') seluruhnya"(QS Al Baqarah [2]:31) sebagai berikut,

"Ia menempatkan di dalam jiwa Adam substansi dasar (latiifah) dari setiap asma-Nya, dan melalui substansi dasar itulah ia dipersiapkan untuk menyerap asma-Nya yang Jalal dan Jamal, sesuatu yang Ia sebut sebagai dua belah tangan-Nya. Karena Ia telah berfirman kepada Iblis, "Allah berfirman: "Hai iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku."(QS Shaad:76). Segala ciptaan selain Adam telah diciptakan dengan satu tangan (Allah), karena mereka adalah tempat manifestasi salah satu sifat Yang Maha Indah, seperti para malaikat yang menebar rahmat, atau (manifestasi dari) sifat Yang Maha Agung. seperti para malaikat pembawa hukuman dan kaum setan."

(Terjemahan dan kutipan dari "The Quintessence of the Wisdom of (The Name) Allah In The Logos of Adam." Ibn Arabi's Own Summary of the Fusus. WIlliam C. Chittick. Journal of the Muhyiddin Ibn 'Arabi Society. Vol I, 1982.)

No comments:

Post a Comment