Friday, March 16, 2018

Jangan remehkan amal yang kecil.
Walaupun itu sekadar menyapu lantai rumah,
jika dikerjakan dengan hati yang mengharap kepada-Nya
bisa jadi Dia pun membantu menyapu duka kita.

Jangan remehkan amal yang kecil.
Walaupun itu sekadar membantu merapihkan sepatu di musholla, jika dikerjakan dengan hati yang mengharap kepada-Nya bisa jadi Dia membantu merapihkan hidup kita.

Banyak tindakan yang tampaknya 'kecil' menjadi besar di mata Tuhan dan itu membuat sang hamba melejit jiwanya ke langit karunia-Nya.
Seperti bagaimana seorang Imam Al Ghazali yang menangguhkan proses menulisnya semata menunggu seekor lalat yang sedang minum di dalam bak tintanya.
Seperti seorang pelacur yang melacur seumur hidupnya dan datang menjelangnya dengan cahaya karunia-Nya karena memberi minum seekor anjing yang kehausan.
Seperti tindakan seorang Musa yang menolong dua perempuan yang kesulitan menimba air dan diganjar dengan pengajaran dan bimbingan dari seorang nabi Syu'aib as.

Sang nabi bersabda, “Janganlah meremehkan kebaikan sedikit pun walau hanya berbicara kepada saudaramu dengan wajah yang tersenyum kepadanya. Amalan tersebut adalah bagian dari kebajikan.” (HR. Abu Daud no. 4084).

Senyuman tulus bisa menghangatkan kembali hubungan dalam rumah tangga, mencairkan suasana yang penuh ketegangan dan dalam suatu waktu pernah sebuah senyuman menyelamatkan satu nyawa seorang remaja yang berniat bunuh diri setelah pulang sekolah karena tak tahan di- 'bully' oleh teman-temannya, tapi dia mengurungkan niatnya karena ada seorang teman yang melempar senyum kepadanya dan mengajaknya bermain bersama.

Maka hidup harus selalu optimis dan berbaik sangka kepada Allah, karena sebenarnya banyak jalan yang Allah mudahkan agar seseorang bisa menerima rezeki yang tak terduga dan bahkan tak diminta. Hanya hati harus peka dan waspada karena kalau kita ingin renungkan banyak yang Allah kirimkan dalam ruang hidup kita masing-masing. Bisa jadi itu berwujud sebagai orang tua yang kesepian dan butuh teman bicara, keluarga yang membutuhkan bantuan, anak kecil yang perlu dituntun menyebrangi jalan, bahkan ihwal alas kaki berserakan tak rapih di masjid pun menunggu uluran tangan kita.[]



No comments:

Post a Comment