Sunday, May 12, 2019

Tidak Ada Kejadian Yang Mendadak

Sesungguhnya tidak ada sepenggal peristiwa kehidupan baik yang berwajah musibah atau berselimutkan karunia yang terjadi tiba-tiba. Jauh hari sebelum itu biasanya telah diturunkan sekian tanda bahkan petunjuk yang jelas bagi mereka yang mampu membacanya.
Tanda kematian bisa mulai ditampakkan empat puluh hari sebelum sang malaikat maut datang menjemput, demikian sabda Rasulullah saw. Beberapa peristiwa penting bahkan telah diberitakan kepada seseorang bertahun-tahun sebelumnya.
Kenapa demikian? Karena Allah tidak mungkin dan tidak akan pernah menzalimi ciptaanNya. Jadi Dia bangun kesiapan untuk menerima sebuah urusan jauh hari sebelumnya, baik itu kesiapan lahir maupun batin. Semesta akan diatur sedemikian rupa demi turunnya sebuah ketetapan yang telah tercatat di Lauh Mahfuz.
Agar manusia tidak menggugat seperti tertera dalam sebuah riwayat tentang seseorang yang merasa tidak diberitahu ihwal akhir kehidupannya di dunia. Kemudian Tuhan menjawab kira-kira begini, "Bukankah telah Kukirim sedemikian banyak utusanKu?"
Saat sang hamba bertanya "Utusan yang mana?"
Dia berkata, "Bagaimana dengan rambutmu yang mulai memutih dan tubuhmu yang mulai renta?"
- Jelang kursus Bahasa Belanda di Universiteit van Amsterdam
6.55 pm

No comments:

Post a Comment