Sunday, June 16, 2019

Saya coba install aplikasi baru di hp saya berupa fitur wifi security check. Ketika programnya berjalan, ada tampilan seperti gambar di bawah tapi tulisannya "seceurity". Duh, jadi ilfil. Tidak percaya pada keampuhan aplikasi ini.

Orang juga begitu. Dia akan dihargai dengan sejauh mana kelurusan lisan dengan kebenaran yang ada. Kalau bicaranya asal bapak senang, sudah alam ngga bener. Makanya saya agak alergi kalau didekati salesperson yang berniat menjual sesuatu tapi bicaranya melangit dan maaf nge-bull****. Better say no. Kalau orang mau bertransaksi kaidah dalam Islam harus mengatakan apa adanya. Misal kalau mau jual mobil pernah tabrakan ya bilang. Kalau mau jual hape ada kekurangannya ya jangan tutupi. Hal ini pernah terjadi ketika pada zaman Rasulullah ada seorang penjual buah menutupi barang dagangannya yang kebasahan, ditumpuk di bawah buah lain yang kering dan itu ditegur keras oleh Rasulullah.

Dalam Alkitab dikatakan bahwa kapal nahkoda yang besar dikendalikan oleh kemudi yang kecil. Lidah kita kecil, tidak bertulang. Tapi apa yang kita katakan secara lisan - atau lewat tulisan di medsos atau sosmed- adalah cerminan apa yang ada dalam dada masing-masing. Jadi perhatikan baik-baik, biar tidak terlukai "seceurity" kita dan orang sekitar.


No comments:

Post a Comment