Tuesday, July 27, 2021

 Jujur, saya punya kecenderungan untuk menjadi seorang 'biarawati'. Seumur hidup ibadah, menyepi ke tempat ibadah dan tak perlu menikah dan mengurus anak dengan segenap kerepotannya.


Seorang sahabat saya yang seorang ustadz pernah berkata, "Kamu itu seperti elang, senangnya menyendiri di angkasa...."


Allah Maha Tahu, kecenderungan saya itu bisa menyesatkan. Tampaknya seperti bernuansa spiritualitas, tapi sebenarnya hawa nafsu. Karena hawa nafsu itu ada dua macam, yaitu hawa nafsu yang mencari duniawi betul dan hawa nafsu yang berbalut hal yang nampaknya agamis dan bernuansa spiritualitas, dua-duanya menjauh dari Allah menuju ke dua kutub yang berbeda.


Saya makin bisa paham kenapa saya dipasangkan dengan suami yang cenderung skeptis terhadap agama. Beliau jadi rem buat saya di tahapan ini. Tanpanya mungkin saya sudah hilang di gunung yang mana, menyendiri dan tentunya tak akan bisa menghasilkan tulisan-tulisan yang inspirasinya hanya bisa didapat dari pengalaman keseharian ketika berenang di samudera dunia ini. Memang kadang merasa lelah. But this is the right way. Saya jadi bisa paham karenanya hadits Rasulullah yang mengatakan bahwa kematian itu adalah istirahatnya kaum mukminin...semoga jadi mukmin yang sejati. Aamiin🙏


On the way with the train to Den Haag

No comments:

Post a Comment