Thursday, March 14, 2019

WINDTHROW

Pohon besar yang rindang dengan dahan yang kokoh bisa tumbang dengan sebuah fenomena bernama "windthrow", yaitu tercerabut dari akar saat terpapar angin kencang. Biasanya karena akar yang kurang kuat. Bisa karena terkena penyakit hingga akar menjadi rapuh, atau karena akar yang tidak menghunjam dalam ke tanah karena sistem pengairan yang kurang baik.

Pohon di dalam Al Quran kerap dijadikan simbol orang yang bertaqwa. Akan tetapi alam mengajarkan bahwa bahkan jika jiwa seseorang bagaikan sudah rimbun daun amal shalihnya dan tinggi besar pohonnya jika tidak ditunjang dengan akar yang baik dan kuat maka konstruksi pohon yang besar itu justru yang akan membuatnya jatuh tertiup angin, terkena fenomena "windthrow".

Akar adalah lambang dari iman. Ia tak nampak di permukaan, menjalar di kegelapan tanah. Seperti halnya tidak bisa kita menilai keimanan seseorang hanya berdasarkan perilaku sekilasnya yang nampak.
Akar akan semakin menghunjam jika tanah di atasnya diberi air dalam jumlah yang pas dalam waktu lama. Air adalah lambang ilmu. Jika seseorang tidak mendapat air ilmu pengetahuan yang haq dalam kadar yang tepat dan berkala maka akar pohon taqwa tak akan menghunjam dalam. Ia hanya menunggu waktu diterpa oleh angin kencang yang akan menumbangkan dirinya, hingga ia tercerabut dari jati dirinya.

Iman memang bukan perkara ringan. Ia adalah pemberian dari-Nya semata bagi hati sang hamba yang mencari dan merindu-Nya. Iman bisa hilang sekejap, kata Rasulullah semudah helai rambut yang dicabut dari tepung. Jika kita lalai mensyukurinya.

"Ya Tuhan, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu. Sungguh hanya Engkaulah Yang Maha Pemberi karunia." (QS Ali Imran : 8)

No comments:

Post a Comment