Thursday, July 2, 2020

Seorang dokter memberi terapi berdasarkan sebuah diagnosa yang ditegakkan. Sebuah penyakit harus dikenali dulu sebelum mengambil langkah berikutnya.

Dalam hidup pun demikian. Selama kita belum mengenali apa penyakit-penyakit hati masing-masing, maka semua kedukaan, kesempitan, dan penyakit yang Allah hadirkan hanya akan dikeluhkan saja tanpa paham bahwa itu semua adalah obat mujarab yang Allah turunkan untuk mengobati penyakit-penyakit hati tertentu.

Yang kita alami sebagai sebuah kehilangan, difitnah, dizalimi, disakiti, ditipu, dirugikan dll adalah sebuah fenomena lahiriyah saja dari keadaan di dalam hati yang sedang disucikan. Barangkali hati kurang taubat, kurang mencari Allah dan terlampau sibuk dunia, kurang khusyu shalat, kurang jihad, kurang sabar dan banyak sifat-sifat Allah Yang Mulia yang kurang bertumbuh karena tertutup oleh sekian hama penyakit dalam hati.

Allah Ta'ala bukan sama sekali Dzat yang menzalimi hamba-Nya. Tapi kadang orang harus dipaksa untuk menelan pil pahit bahkan dilakukan padanya operasi yang menyakitkan untuk bisa mencegah dia dari sebuah musibah yang lebih besar...

No comments:

Post a Comment