Monday, August 16, 2021

 Saat berada di stasiun Bijlmer Arena, tiba-tiba seorang pemuda berambut coklat dengan pakaian kotor dan lusuh mendekat. Usianya mungkin sekitar 20an tahun, tapi karena kondisinya kurang terawat ia tampak lebih tua. Dengan sopan dan dengan berbahasa Inggris khas orang Eropa Timur ia bertanya,"Do you speak English?"


"Yes, I do"


"I am homeless. Do you have a little money to help?"


Saya menghentikan langkah untuk memeriksa isi tas saya, sayangnya saya tidak menemukan uang kontan di dalamnya. Lalu saya berkata kepada dia, "I don't have cash. But if you want, i can buy you some food" Sambil menunjuk toko serba ada Albert Heijn yang terletak tak jauh dari tempat kami berbicara. 


"No, no...i have food" jawabnya sambil menepuk-nepuk bagian samping tas punggungnya yang berwarna hitam lusuh.


Penasaran saya tanya, "Where are you come from?"


"Hungary" jawabnya dengan menampakkan gigi geligi yang menguning.


Katanya dia sempat bekerja di Amsterdam tapi karena pandemi, ia kehilangan pekerjaan dan jadinya menggelandang sana-sini. Dia menolak dibelikan makanan dan lebih memilih diberikan uang kontan walaupun receh. Dengannya ia bisa mengumpulkan sen demi sen yang ada. Jika terkumpul sejumlah 3,5 euro maka ia bisa memesan tempat di salah satu yayasan yang ada bagi tuna wisma untuk mendapatkan jatah tempat tidur semalam, akses ke kamar mandi dan semangkuk makanan hangat. Hal-hal yang selama ini kita anggap biasa ternyata adalah sebuah kemewahan bagi sebagian orang. 


Dalam upaya terakhir saya ingin memberi orang tersebut uang, saya coba rogoh dalam-dalam kantung saya, siapa tahu ada yang koin yang terselip. Dan yes! Saya menemukan koin satu euro. Saya berikan kepada pemuda itu yang menerima dengan mata berbinar dan mengucap "Thank you" sambil tersenyum manis. 


Setelah dia berjalan jauh dan menghilang dari pandangan, dalam hati saya sematkan doa untuknya. Semoga Allah melindungimu. Sambil merenung bahwa nasib hidup yang menimpanya bisa saja menimpa kita. It could have been us....

No comments:

Post a Comment