Monday, June 29, 2020


“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” Demikian janji Allah Ta’ala dalam Surat Al Baqarah ayat 286. Dan siapa yang lebih bisa memenuhi janji dibanding Allah Ta’ala?

Semestinya satu ayat ini saja sudah sanggup mengubah penyikapan kita terhadap berbagai ujian yang menimpa kita, seberat apapun itu terasanya. Keyakinan bahwa Allah tidak akan menimpakan sesuatu di luar kapasitas seseorang akan membawa sebuah kekuatan tersendiri dalam mental pikiran kita. Keyakinan itu akan memperkuat kesabaran dalam memikul cobaan itu dari hari ke hari. Dan bahkan keyakinan itu yang bisa membuka selubung hijab yang membuat kita tidak paham akan adanya kebaikan dan hikmah di balik sebuah kepahitan kehidupan sekalipun.

Barangkali kita harus menelan pil pahit dalam kehidupan berupa perceraian orang tua atau rumah tangga kita sendiri, tak tega melihat anak-anak yang menangis meraung-raung karenanya.
Barangkali kita harus menelan pil pahit yang berkaitan dengan mencari nafkah atau jatuh bangun membangun usaha.

Barangkali kita diuji sedemikian rupa dengan kelakuan keluarga: orang tua atau mertua kita sendiri dan tak jarang dibuat susah adengan perilaku anak-anak kita.

Apapun kesulitan yang tengah dihadapi sekarang. Berbesar hatilah. Jangan meragukan pertolongan-Nya yang akan datang di saat yang tak terduga dan sering dalam bentuk yang di luar apa yang kita bayangkan. Semua dinamika dalam hati kita yang halus itu yang justru akan mengubah dunia kita dengan ajaib. Raihlah janji Allah berupa diberikannya sebuah jalan keluar dari apapun kesempitan dan musibah yang melingkupi kita dengan taqwa.

“Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, maka akan selalu diberikan jalan keluar.” QS At Thalaq:2



No comments:

Post a Comment