Friday, April 19, 2019

Biasanya sebelum memandu kelas kajian suluk online (forum mengkaji Al Quran online) sejak awal minggu saya sudah menyiapkan bahan. Apa daya pekan ini didera oleh kesibukan yang menghabiskan jatah waktu. Senin dikejar deadline penulisan plus diberi jatah waktu kerja sore oleh manager dibtempat saya bekerja. Hari Selasa mama tetiba minta diantar ke pasar bunga dengan alasan mumpung cuaca cerah katanya. Rabu beres-beres taman belakang dan persiapan syukuran ulang tahun anak. Akhirnya waktu yang ada ya Kamis pagi sebelum kajian diadakan siang hari. Tapi ternyata perayaan syukuran ulang tahun di sekolah butuh waktu lebih dari yang dijadwalkan karena guru-guru pada ngajak ngobrol.
Lalu saya bergegas pulang, shalat dhuha dan bismillah ada waktu sekitar satu jam. Baru saja membuka Al Quran karena hendak mencari ayat yang pas dengan tema, tiba-tiba bel pintu berbunyi. Saya intip dari atas terlihat sepasang laki-laki dan perempuan muda lengkap membawa koper-koper besar dengan penampilan seperti turis, ah tampaknya hanya bertanya mencari alamat pikir saya. Di titik itu saya punya pilihan untuk memberi tahu mama yang tengah berada di lantai bawah untuk bilang “maaf, salah alamat” dan langsung menelaah kembali Al Quran untuk mencari ayat yang pas atau turun ke bawah dan membukakan pintu untuk mereka. Namun akhirnya nurani saya membuat saya melangkahkan kaki ke bawah dan membukakan pintu untuk mereka. Sepasang pengantin muda dari India yang tengah mencari sebuah alamat penginapan (airbnb) yang tertera di email mereka. Jelas salah alamat, karena kami tidak pernah mengiklankan rumah ini ke airbnb. Saat saya sarankan untuk telp ke nomor telepon yang ada disana menanyakan alamat yang benar sang lelaki agak ragu lalu berkata, “telepon saya tidak bisa untuk menghubungi nomor Belanda.” Akhirnya saya persilakan mereka masuk dan membantu menghubungi alamat tujuan, sebuah proses yang cukup menghabiskan sisa-sisa menit yang saya punya untuk mempersiapkan kajian.
Selesai membantu mereka, adzan dhuhur pun tiba dan akhirnya di menit-menit terakhir saya wudhu lalu dzikir dan memohon kepada Allah untuk menunjukkan ayat tuntunannya di hari ini. Bismillah saya pun membuka Al Quran dan mata saya langsung tertuju di ayat QS Al Ankabut [29]:41, tepat apa yang saya butuhkan. Alhamdulillah. Adab menjamu tamu itu memang dibalas sangat baik dengan Sang Pengirim tamu-tamu dalam kehidupan❤️


No comments:

Post a Comment