Sunday, March 6, 2022

 Al Quran adalah mukjizat terbesar Rasulullah saw. 


Keterangan itu saya sudah dapatkan sampai hafal cangkem sejak SD. Tapi apakah saya betul-betul memahaminya, bahwa Al Quran adalah sebuah mukjizat besar?


Rasanya memang lebih mudah memahami yang disebut mukjizat besar itu gambarannya seperti Nabi Musa as yang membelah lautan atau seperti Nabi Isa Almasih as yang menyembuhkan orang buta atau menghidupkan orang mati. Demikian mencengangkan.


Tapi, semakin berumur saya semakin melihat bahwa hal-hal yang paling berharga itu sifatnya tersembunyi. Seperti halnya rare earth atau intan permata yang tak pernah kita temui keleleran di permukaan tanah. Untuk menemukannya kadang kita harus menggali bumi demikian dalam.


Saya menyaksikan bahwa Al Quran memang kitab yang ajaib. Ia barangkali tak membelah lautan secara demonstratif seperti yang dilakukan oleh Musa as, tapi panduannya banyak membuka hati seseorang dan melapangkan kehidupannya dalam makna yang hakiki. Juga barangkali Al Quran tidak mengembalikan penglihatan orang yang buta, tapi isinya berfungsi membuka mata hati seseorang yang dengannya ia menjadi mengenali kebenaran dan memahami maksud Allah dalam pengaturan takdir kehidupan.


Bahkan ketika Al Quran dibaca secara tilawah tanpa memahami maknanya pun saya merasakan lantunan ayat-ayatnya demikian menembus relung hati yang dalam. Saya menjadi saksi keajaiban Al Quran melalui surat Al Waqiah yang selalu dibaca oleh nenek saya setiap malam mampu melindungi kehidupan-Nya dan membuat dia menjadi nenek terbaik, paling ceria dan paling penuh kasih sayang.


Karena bukankah Rasulullah saw diutus untuk menyempurnakan akhlak? 


Apa hebatnya seseorang yang bisa mengubah daun menjadi uang, berjalan di atas air, bisa berada di beberapa tempat pada saat yang sama tapi jika hatinya bengis, tinggi hati dan merendahkan orang lain?


Saya menyaksikan bagaimana Al Quran bisa mengubah orang-orang di sekitar saya yang tadinya ketus, keras hati, bangga diri, hingga menjadi lembut, rendah hati dan beradab tinggi.


Padahal hati orang siapa yang bisa ubah? Mengubah hati orang adalah hal yang paling mustahil dilakukan di dunia ini. Tapi Al Quran ternyata bisa menembusnya. Karena ia benar-benar mukjizat terbesar Rasulullah Saw. 


Allahumma shallI 'ala sayyidina Muhammad

No comments:

Post a Comment