Saturday, August 31, 2019

Hati-hati kalau merasa ke-pede-an sudah bisa melakukan sesuatu yang besar lalu saat dihadapkan dengan hal yang lebih kecil lalu terlontar kata-kata "ah kecil ini sih, yang susah saja aku bisa apalagi ini cetek!"
Sombong itu namanya. Padahal besar-kecil, susah-gampang semuanya hanya bisa dikerjakan dengan pertolongan Allah semata.
Saat kita mengklaim "gampang!" Kita tengah bersandar dengan kemampuan diri sendiri. Padahal manusia itu pada dasarnya fakir dan lemah kalau Allah tidak beri kekuatan.

Saya sharing begini karena berdasarkan pengalaman pribadi. Pernah beberapa kali dapat shift kerja di restoran bersamaan dengan konser, melayani ratusan pelanggan dan berdiri 7 jam non stop. Lalu saat ditawari shift 4 jam saat sedang sepi. Logika berkata, "bisa dong!" sambil lupa bilang "Insya Allah".
Apa yang terjadi?
Hari itu lutut tiba-tiba dibuat lemas, sampai hampir tak bisa merasakan apa-apa. Saya sampai sempat menduga gejala stroke. Plus dikasih vertigo. Wuah komplit sudah. Tepar saya dibuatnya.
Saya langsung istighfar banyak2. Ingat pernah terlintas pikiran sompral ngegampangin sesuatu tadi.
Ya Allah ampuun...

Nah, moral of the story. Walau pernah memegang proyek bernilai milyaran dan super complicated lalu disuruh memanage proyek puluhan juta saja dengan kompleksitas yang rendah. Harusnya mengucap bismillah yang sama.

Buat rekan-rekan dokter, walau sudah beberapa kali operasi yang sulit dan behasil. Jangan sekali-kali merasa jumawa saat disodorkan operasi pengangkatan kutil. Dianggapnya gampang surampang sumadirampang. Kade ah, pamali.

Buat sesama ibu-ibu yang sudah biasa ngurus anak banyak lalu merasa jago di hadapan ibu lain yang kelihatan repot ngurus satu anak. Hati-hati jangan merasa digdaya sambi mengusung2 jargon tapi dengan terselip bangga diri, "kalau ik bisa masa jij ga bisa"

Kita ini manusia yang lemah tanpa kekuatan dari-Nya. Apapun itu. Bahkan sekadar berdiri, sekadar bernafas, sekadar hidup. Semua semata-mata atribut yang dipinjamkan oleh-Nya. Jangan merasa jagoan, merasa pintar, merasa hebat. Kualat nanti. Bisa dijewer Allah Yang Maha Pencemburu. Semoga bermanfaat bagi-bagi pengalaman ini❤🙏

No comments:

Post a Comment