Thursday, August 17, 2017

Kesenangan Terhadap Pangkat

"Pangkat adalah suatu kesenangan yang paling besar dari kesenangan-kesenangan hidup duniawi."
- Imam Al Ghazali.

Arti memiliki pangkat lanjut Al Ghazali adalah memiliki hati manusia.

Kesenangan dipandang terpuji, dianggap lebih keren, dikira kaya dan berkuasa, meraih kemahsyuran di tengah manusia, atau dalam istilah zaman sekarang 'banyak follower' atau 'like', senang jika orang membungkukkan diri di hadapannya apalagi diikuti dengan puja-puji setinggi langit. Apapun dilakukan untuk menundukkan hati manusia, sehingga manusia menjadi tunduk kepadanya itu dikatakan sebagai kesenangan dunia yang terbesar.

Mengapa demikian? Karena jiwa anak Adam dan hatinya adalah yang paling berharga dari apa yang ada di atas permukaan bumi. Adapun yang lain hanya perhiasan semata. Hati manusia ini juga yang menjadi tahta yang diperebutkan oleh Iblis, yang sejak awal bersumpah untuk menyesatkan sebagian besar manusia dari jalan-Nya, kecuali mereka yang ikhlas tidak akan dapat disentuhnya.

Kecintaan kepada pangkat ini memberikan peluang besar yang membuat hati manusia berpaling dari-Nya. Sebagaimana sabda Rasulullah saw, "Cinta kepada harta dan pangkat menumbuhkan kemunafikan di dalam hati, sebagaimana ia bisa menumbuhkan sayur-sayuran."

(Adaptasi dari Ihya 'Ulumuddin, Al Ghazali, Bab Tercelanya Kemegahan dan Riya)

No comments:

Post a Comment