Wednesday, August 30, 2017

Lelah Hidup Di Dunia?

Lelah karena doa belum juga dikabulkan?
Penat dengan segala persoalan yang terasa menghimpit?
Cemas dengan masa depan diri dan keluarga?
Khawatir akan kesehatan diri dan orang yang disayangi?
Sepanjang hidup manusia akan diuji oleh berbagai dinamika dunia. Natur kehidupan dunia ini memang untuk merontokkan seseorang, bukan dirinya yang sejati yang diruntuhkan akan tetapi agar si ego mengecil hingga seperti unta yang bisa masuk lubang jarum. Hanya dengan melepas cangkang dirinya dia baru bisa merasakan kehadiran-Nya, Dia yang sebenarnya lebih dekat daripada urat nadinya, Dia yang tidak pernah meninggalkan sang hamba, Dia yang senantiasa menjawab doa dalam kadar yang paling baik - namun kerap kali tidak sesuai dengan hawa nafsu sang peminta.
Mengarungi kehidupan dunia bisa jadi akan terasa sangat melelahkan. Namun visi akhirat dan kehidupan jangka panjang akan membuat semuanya relatif ringan. It's a mind game. Meminjam lirik lagunya Utha Likumahuwa, "apalah artinya sebuah derita, bila kau yakin itu pasti akan berlalu..."
---
Seorang sahabat bertanya, "Ya Rasulullah, pesankan sesuatu kepadaku yang akan berguna bagiku dari sisi Allah." Nabi Saw lalu bersabda: "Perbanyaklah mengingat kematian maka kamu akan terhibur dari (kelelahan) dunia, dan hendaklah kamu bersyukur. Sesungguhnya bersyukur akan menambah kenikmatan Allah, dan perbanyaklah doa. Sesungguhnya kamu tidak mengetahui kapan doamu akan terkabul." (HR. Ath-Thabrani)
Janganlah seorang mati kecuali dia dalam keadaan berbaik sangka terhadap Allah. (HR. Muslim)

No comments:

Post a Comment