Thursday, January 3, 2019

Ada sebuah tempat di surga* yang khusus diperuntukkan bagi mereka yang bersabar dengan apapun ketetapan Allah dengan tanpa menyalahkan Dia, tanpa mencaci takdir atau mengutuk zaman.
Tempat ini diciptakan bagi hati-hati yang lapang, yang ridho dengan segala ketetapan Allah, bersyukur dengan pembagian rezeki-Nya, legowo dengan kekurangan orang lain, menerima sakit yang tengah diderita, berlapang dada untuk memaafkan kesalahan, dan tidak putus asa dalam menghadapi kesulitan kehidupan hingga menghalalkan berbagai cara dalam mengatasi persoalan atau melakukan hal-hal yang tercela.
Allah mengganjar orang-orang seperti ini dalam Al Quran,
"Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan." (QS An-Nahl:96).
Maka bersabarlah, apapun kesulitan yang kita hadapi di penggal kehidupan ini tidak ada apa-apanya dibanding jika kita melarikan diri dari medan peperangan yang bertujuan untuk mensucikan jiwa kita ini.

* “(Wahai) Idris, tempat ini dipersiapkan untuk mereka yang benar, yang bersabar melalui semua ujian yang menghantam kehidupan mereka.* Mereka menjauh dari melakukan tindakan yang salah, mereka mengambil keputusan yang benar, mereka memberi makanan kepada yang kelaparan dan memberi pakaian mereka yang membutuhkan pakaian, mereka mengangkat yang terjatuh, mereka membantu anak-anak yatim yang terluka, dan mereka menjalani kehidupan tanpa menyalahkan apapun kepada Tuhan, dan hanya beribadah kepada-Nya semata. Tempat yang abadi ini adalah dipersiapkan untuk mereka.” – Kitab Nabi Idris 2, Pasal 9.


No comments:

Post a Comment