Saturday, June 17, 2017

Al Quran: Pembuka Khazanah Diri

Kitab suci, khususnya Al Quran, adalah kunci yang membuka khazanah semesta alam raya dan diri. Satu-satunya cara untuk meraih pengenalan diri yang hakiki bagi seorang muslim adalah melalui Al Quran. Mengenai hal ini Ibnu Arabi kerap mengingatkan dengan hadits Rasulullah Saw, "Barangsiapa mengenal dirinya akan mengenal Rabbnya".
Setiap ayat dalam Al Quran adalah firman-Nya Yang Maha Suci dan berfungsi untuk memandu sang insan dalam menapaki kehidupan di seluruh tingkatan alam. Segala sesuatu yang mewujud di alam semesta yang tengah kita tinggali pun merupakan bayangan dari cetak biru firman-Nya. Maka ada benang merah antara kitab Al Quran, kitab diri insan dan kitab semesta. Kebingungan seseorang akan kehidupan pararel dengan ketidakmengertiannya terhadap Al Quran. Oleh karena itu tugas utama seorang pencari Tuhan sejati adalah menggali dan menghayati khazanah Al Quran , karena kandungan Al Quran tidak lain merupakan jiwa dari segala yang mewujud dalam semesta.
(Adaptasi dan terjemahan dari William C.Chittick. "The Divine Roots of Human Love". Journal of the Muhyiddin Ibn 'Arabi Society. Vol.17, 1995)

No comments:

Post a Comment