Thursday, June 22, 2017

Ketika Manusia Tidak Mengorbit

"Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya,
dan Dialah yang menetapkan tempat-tempat orbitnya agar kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu).
Allah tidak menciptakan demikian itu melainkan dengan benar (haq). Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui."
(QS Yunus [10]:5)

"Perhatikanlah oleh kalian segala apa yang ada di langit, bagaimana mereka semua tidak mengubah jalur edarnya (melainkan berada) di orbitnya masing-masing; dan (juga perhatikan) benda-benda langit yang bercahaya, bagaimana mereka terbit dan terbenam secara teratur pada waktunya sesuai dengan musimnya, dan mereka tidak melampaui batas terhadap apa yang telah ditetapkan atas mereka."
- Kitab Nabi Idris 2:1

*****
Dalam Kitab Nabi Idris juga dikisahkan bagaimana Allah Ta'ala menghukum sebuah bintang yang terlambat menjawab panggilan-Nya. Karena satu bintang yang terlambat akan berkonsekuensi kacaunya irama semesta. Benda-benda langit seperti dalam firman Al Quran di atas berfungsi untuk menunjukkan waktu secara tepat. Jika fungsi penetapan waktu tidak akurat dalam waktu lama akan terjadi banyak kesimpangsiuran dalam pembacaan alam raya.

Manusia sesungguhnya juga memiliki kewajiban di setiap saatnya yang spesifik. Ketidakjernihan jiwa seseorang untuk mengidentifikasi amalan itu dan kurang kuatnya semangat pengabdian mengakibatkan banyak pekerjaan yang terbengkalai, akhirnya banyak tercipta kekacauan di dunia ini. Kelaparan, peperangan, ketidakadilan, kehancuran suatu sistem atau negara itu salah satu implikasi ketika manusia tidak berjalan di orbitnya masing-masing.[]

No comments:

Post a Comment