Wednesday, June 14, 2017

Jika Puasa Terasa Tidak Berfaedah

Jika seseorang shaum dengan baik di bulan Ramadhan ini maka insya Allah akan teraih ketaqwaan bagi dirinya.

Apa janji Allah bagi orang-orang bertaqwa?

1. Dimudahkan jalan keluar dan rezeki.

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. (QS At Thalaq : 2-3)

2. Dimudahkan urusannya

Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya. (QS At Thalaq:4)

3. Dihapus sayyiah (keburukan) diri dan pahala dilipatgandakan.


…dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipat gandakan pahala baginya.(QS Ath Thalaq: 5)

Jika seseorang sudah bertahun-tahun melaksanakan ibadah Ramadhan namun belum juga dirasakan tertunaikannya janji-janji Allah di atas malah merasa hidup makin ruwet, maka harus dievaluasi shaumnya. Bisa jadi shaumnya kurang ikhlas, bisa jadi mulut memang menahan diri dari makan dan minum tapi dari lisannya meluncur kata-kata yang sia-sia, berdusta, mengumpat atau berkata keji. (Dan lisan yang dimaksud juga meliputi apa-apa yang kita sampaikan di sosial media). Bisa jadi ia berlebih-lebihan dalam berbuka, sampai perutnya dipenuhi makanan. Bisa jadi ibadahnya tidak memberikan jejak ke dalam hati yang ia menjadi semakin takut (khauf) dan menambah rasa harap (raja') karena tidak mengetahui apakah ibadahnya itu diterima Allah atau tidak.

Masih ada 10 hari terakhir di bulan yang mulia ini, semoga Allah Ta'ala membantu kita dalam meraup kemanfaatan dan keberkahan yang banyak di bulan Ramadhan tahun ini. Karena belum tentu kita bisa bertemu lagi Ramadhan di tahun depan...

No comments:

Post a Comment