Thursday, June 22, 2017

Ikuti, Jangan Bertanya!

Kenapa Al Kahfi itu sebagai salah satu surat yang penting bagi setiap pejalan (salik)?

Banyak hadits yang menjelaskan keutamaannya, di antaranya :

"Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul 'atiq." (Sunan Ad-Darimi, no. 3273)

"Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum'at." (HR. Al-Hakim: 2/368)

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.”
(Dari kitab at-Targhib wa al- Tarhib: 1/298)

Sesungguhnya ada pesan penting yang tersimpan di penggalan percakapan antara Nabi Khidir as. dan Musa as. yaitu ketika Khidir as. berkata kepada Musa as., "Jika kamu mengikutiku, maka janganlah kamu menanyakan kepadaku tentang sesuatu pun sehingga aku sendiri (yang) menerangkannya kepadamu."(QS Al Kahfi:70). Rasulullah Saw pun pernah bersabda yang senada dengannya, "Binasalah suatu umat yang banyak bertanya."

Konteks "jangan bertanya" ini khususnya berkaitan ketika menapaki langkah demi langkah ketetapan Allah dalam kehidupan yang seringkali manusia tidak sabar dengan apa yang Allah hidangkan sehingga spontan bertanya "kok begitu ya?" bahkan kebijakan-Nya mulai diragukan, naúdzubillahimindzaalik. Allah Ta'ala Yang Maha Kasih tentu punya tujuan baik bagi segenap ciptaannya yang kerap belum terpahami oleh manusia.


(Adaptasi dari Kajian Hikmah Al Quran yang disampaikan oleh Kang Zamzam AJT , Juni 2006)

No comments:

Post a Comment